Sunday, February 5, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk
Hargatiketmurah.com - Air Terjun Sedudo - Kabupaten Nganjuk adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Pada zaman Kerajaan Medang, Nganjuk dikenal dengan nama Anjuk Ladang yaitu Tanah kemenangan. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin. Kabupaten Nganjuk memiliki kondisi dan struktur tanah yang cukup produktif untuk berbagai jenis tanaman, baik tanaman pangan maupun tanaman perkebunan sehingga sangat menunjang pertumbuhan ekonomi di bidang pertanian.

Dengan keadaan geografisnya tersebut membuat Nganjuk memiliki banyak objek wisata yang wajib untuk dikunjungi di antaranya adalah Air terjun Sedudo, Taman Wisata Anjuk Ladang, Goa Margo Tresno, Sendang Putri Wilis, The Legend Waterpark Kertosono, Air Merambat Roro kuning dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini kami situs Harga Tiket Murah akan memberikan sedikit informasi mengenai tempat wisata alam yang paling terkenal di Nganjuk yaitu Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk. Simak ulasanya berikut ini ya…

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang popular di Nganjuk, terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air Terjun Sedudo berjarak sekitar 30 km arah selatan dari ibu kota kabupaten Nganjuk. Air Terjun Sedudo berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 1.438 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian air terjunnya sekitar 105 meter.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sedudo ini pengunjung harus menuruni jalan setapak sepanjang 200 meter yang telah dibangun berbentuk tangga yang sudah dilengkapi dengan pagar besi pembatas di kanan dan kiri jalan sebagai pengaman untuk para pengunjung. Saat dalam perjalanan tersebut, pengunjung sudah bisa mendengar gemuruh dan juga sudah bisa melihat Air Terjun Sedudo dari atas. Setelah sampai di area Air Terjun Sedudo ini pengunjung dapat bermain air di telaga yang terletak persis di bawah air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supranatural. Konon kabarnya air terjun ini telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air atau tirta suci yang mengalir dari kahyangan. Oleh karena itulah tempat wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa), pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Terlepas dari semua mitos tersebut, Air Terjun Sedudo memang tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu di sekitar area wisata Air Terjun Sedudo ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung diantaranya toilet, warung, toko souvenir dan juga sudah tersedia area parkir yang cukup luas.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo

Untuk memasuki kawasan objek wisata ini, Harga Tiket Masuk Air Terjun Sedudo pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000,-/orang, dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil.

Nah demikianlah sedikit informasi mengenai Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih telah berkunjung di blog kami. Sampai jumpa...

http://www.hargatiketmurah.com/2017/01/air-terjun-sedudo-nganjuk/