Sunday, January 22, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar

Harga Ticket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar 
Harga Ticket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar - Blitar adalah satu diantara daerah di Jawa Timur, sisi selatan Kabupaten Blitar yang dipisahkan oleh Sungai Brantas di kenal sebagai penghasil kaolin serta dilintasi oleh Pegunungan Kapur Selatan. Pantai yang populer diantaranya Pantai Tambakrejo, Serang serta Jalasutra. Blitar mempunyai banyak destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi waktu musim libur salah satunya ada wisata Soko Adventure, Candi Penataran, Candi Sawentar, Monumen Trisula, Gua Embultuk, Rambut Monte serta ada banyak lagi.

Pada saat ini Admin menginginkan memberi info tentang satu diantara tempat pariwisata yang ada di Blitar yakni Candi Penataran. Simak penjelasannya tersebut ya...

Candi Penataran adalah komplek candi Hindu yang ada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Meskipun candi ini mempunyai nama asli Candi Palah, tetapi sampai sekarang ini nama Candi Penataran lebih populer dibanding nama aslinya. Terdapat di lereng barat daya Gunung Kelud dengan ketinggian 450 mtr. diatas permukaan laut, Candi Penataran ini yaitu Candi termegah serta terluas di Jawa Timur.

Candi Penataran awal kali diketemukan pada th. 1815 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang saat itu menjabat sebagai gubernur jenderal pemerintah kolonial Inggris. Seiring waktu berjalan, kompleks candi Penataran yang dahulunya pernah terlewatkan saat ini mulai memperoleh perhatian dari pemerintah serta lalu dipugar. Candi ini diusulkan dalam daftar Website Warisan Dunia UNESCO mulai sejak 19 Oktober 1995.

Kompleks bangunan Candi Penataran tempati areal tanah seluas 12. 946 mtr. persegi. Kompleks candi ini terbagi dalam gugusan sebagian bangunan candi yang membujur dalam poros barat laut-tenggara, komplek candi ini disusun dalam pola linear, sebagian candi perwara serta balai pendopo terdapat di depan candi paling utama. Di belakang candi paling utama di segi timur ada sungai yang berhulu di gunung Kelud.

Untuk lebih mudahnya dalam mengerti kompek Candi Penataran, bebrapa sisi dari Candi Penataran dimaksud halaman depan, halaman tengah, serta halaman belakang. Susunan dari komplek Candi Penataran yang begitu unik serta tak tersusun simetris. Hal semacam ini mengambarkan kalau pembuatan candi tak dalam satu periode.

Harga Ticket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar

Style relief candi ini tunjukkan bentuk yang pasti tidak sama dari candi-candi Jawa Tengah dari sebelumnya era ke-11 seperti Candi Prambanan. Bentuk relief manusia digambarkan serupa wayang kulit, seperti yang dapat didapati pada style pengukiran yang diketemukan di Candi Sukuh. Pada dinding Candi Paling utama terukir relief Ramayana dengan tokoh Rama serta Shinta, serta relief Kresnayana dengan tokoh Krisna serta Rukmini.

Histori Candi Penataran

Candi Penataran di bangun pada th. 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana Digwijayottungadewa yang memerintah kerajaan Kediri pada th. 1190 – 1200. Candi ini di bangun sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan supaya bisa mencegah atau menghindar dari mara bahaya yang dikarenakan oleh Gunung Kelud yang kerap meletus. Kitab Negarakretagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca bercerita perjalanan Raja Hayam Wuruk ke Candi Palah untuk lakukan pemujaan pada Hyang Acalapat, perwujudan Siwa sebagai Girindra (Giri Indra, raja penguasa gunung).

Harga Ticket Masuk

Ticket Masuk : Rp 3. 000

Parkir Motor : Rp 2. 000

Parkir Mobil : Rp 5. 000

*harga itu bisa beralih ganti, terlebih pada musim liburan

Sekianlah sedikit info menganai Harga Ticket Masuk Wisata Candi Penataran Blitar yang bisa Admin berikan, mudah-mudahan info itu bisa berguna untuk beberapa pembaca sekalian. Terimakasih sudah meluangkan saat untuk bertandang diblog kami, demikian serta hingga jumpa…..







Harga Ticket Murah, Himpunan Harga Ticket Termurah

http://www.hargatiketmurah.com/harga-tiket-masuk-wisata-candi-penataran-blitar/