Tuesday, January 3, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon 
Harga Ticket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon - Kota Cirebon yaitu satu diantara kota yang ada di Propinsi Jawa Barat, Kota ini ada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang di kenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Cirebon dikenal juga dengan nama Kota Udang serta Kota Wali. Sebagai satu diantara maksud wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon tawarkan sangat banyak destinasi wisata yang menarik, satu diantaranya Taman Sari Gua Sunyaragi.

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah satu diantara cagar budaya yang ada di Kota Cirebon serta berdiri di atas tempat seluas 15 hektare. Nama " Sunyaragi " datang dari kata " sunya " yang ini berarti sepi serta " ragi " yang bermakna raga, keduanya yaitu bhs Sanskerta. Maksud paling utama didirikannya tempat itu yaitu sebagai tempat beristirahat serta meditasi beberapa Sultan Cirebon serta keluarganya.

Histori Taman Sari Gua Sunyaragi

Histori berdirinya gua Sunyaragi mempunyai dua buah versus :

Versus Carub Kanda
yaitu berita lisan mengenai histori berdirinya Gua Sunyaragi yang di sampaikan dengan cara turun-temurun oleh beberapa bangsawan Cirebon atau keturunan keraton.

Versus Caruban Nagari
yakni berdasar pada buku Purwaka Caruban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon th. 1720. Histori berdirinya gua Sunyaragi versus Caruban Nagari yaitu yang dipakai sebagai referensi beberapa pemandu wisata gua Sunyaragi. Menurut versus ini, Gua Sunyaragi didirikan th. 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen, cicit Sunan Gunung Jati.

Konstruksi serta komposisi bangunan ini adalah satu taman air, diluar itu juga ada air terjun buatan sebagai penghias, patung wanita Perawan Sunti, serta Patung Garuda serta hiasan taman seperti Gajah. Taman ini mempunyai tehnologi pengaliran air yang mutakhir pada masanya, air mengalir diantara teras-teras tempat beberapa putri raja bersolek, halaman rumput hijau tempat beberapa ksatria berlatih, ditambah menara serta kamar istimewa yang pintunya terbuat dari gorden air. Oleh karena itu tempat ini dimaksud dengan Taman Sari Gua Sunyaragi.

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Pada th. 1997 pengelolaan gua Sunyaragi diserahkan oleh pemerintah pada pihak keraton Kasepuhan. Hal itu begitu beresiko pada keadaan fisik gua Sunyaragi. Kurangnya cost pemeliharaan mengakibatkan tempat wisata gua Sunyaragi lama kelamaan semakin terbengkelai. Th. 1852, taman ini pernah diperbaiki lantaran pada th. 1787 pernah dirusak Belanda.

Pemugaran Tamansari Gua Sunyaragi pernah dikerjakan oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1937-1938. Pemugaran paling akhir dikerjakan Direktorat Perlindungan serta Pembinaan Histori serta Purbakala, Direktorat Jenderal Kebudayaan, yang memugar Tamansari keseluruhannya dari th. 1976 sampai 1984. Mulai sejak itu tidak ada lagi kesibukan pemeliharan yang serius pada kompleks ini. Bangunan tua ini sampai saat ini masihlah ramai dikunjungi orang, lantaran letaknya persis di pinggir jalan paling utama.

Kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi ini dibagi jadi dua sisi, yakni Pesanggrahan serta bangunan gua. Sisi pesanggrahan diperlengkapi dengan serambi, ruangan tidur, kamar mandi, kamar rias, ruangan beribadah serta dikelilingi oleh taman komplit dengan kolam. Bangunan gua-gua berupa gunung-gunungan, diperlengkapi terowongan penghubung bawah tanah serta saluran air. Sisi luar kompleks bermotif batu karang serta awan.

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon

Taman Sari Gua Sunyaragi terdiri atas 12 sisi diantaranya :

Bangsal jinem sebagai tempat sultan berikan saran sekalian lihat prajurit berlatih.
Gua pengawal sebagai tempat berkumpul par apengawal sultan.
Kompleks Mande Paket (beberapa hancur).
Gua pandekemasang sebagai tempat bikin senjata tajam.
Gua simanyang sebagai tempat pos penjagaan.
Gua langse sebagai tempat bersantai.
Gua peteng sebagai tempat nyepi untuk kekebalan badan.
Gua arga jumud sebagai tempat orang utama keraton.
Gua padang ati sebagai tempat bersemedi.
Gua kelanggengan sebagai tempat bersemedi supaya abadi jabatan.
Gua lawa sebagai tempat spesial kelelawar.
Gua pawon sebagai dapur penyimpanan makanan.
Harga Ticket Masuk serta Jam Buka Taman Sari Gua Sunyaragi

Harga ticket masuk : Rp. 10. 000

Harga parkir : Rp. 5. 000

Harga pemandu : Rp. 40. 000-50. 000 (harga nego)

Jam buka : 08. 00-17. 30

Sarana di Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Sunyaragi mempunyai sebagian sarana pendukung salah satunya tempat parkir lumayan luas, taman sisi depan memperoleh sentuhan baru untuk istirahat beberapa wisatawan. Ada juga panggung budaya yang dipakai untuk pementasan kesenian Cirebon.

Tersebut sedikit penjelasan tentang Harga Ticket Masuk Wisata Taman Sari Sunyaragi Cirebon yang bisa kami berikan, mudah-mudahan penjelasan ini bisa berguna untuk Kamu.







Harga Ticket Murah, Himpunan Harga Ticket Termurah

http://www.hargatiketmurah.net/harga-tiket-masuk-wisata-taman-sari-sunyaragi-cirebon/