Sunday, January 8, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Harga Ticket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo 
Harga Ticket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo - Solo atau yang dikenal juga dengan nama Surakarta adalah daerah yang mempunyai sebagian tempat wisata menarik yang pas dikunjungi waktu musim berlibur. Sebagian nama tempat wisata yang ada di Solo yakni Taman Jurug, Keraton Kasunanan, Pasar Gede, Taman Sriwedari, Museum Radya Pustaka serta ada banyak lagi.

Nah, pada saat ini Admin menginginkan memberi info tentang satu diantara tempat pariwisata yang ada di Solo yakni Museum Radya Pustaka. Simak penjelasannya tersebut ya...

Museum Radya Pustaka yaitu museum tertua di Indonesia yang terdapat di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalam Kepatihan. Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV ini pernah menjabat sebagai Patih Pakubuwono IX serta Pakubuwono X. Lantas pada 1 Januari 1913 museum ini dipindahkan ke tempatnya saat ini, yakni Gedung Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Surakarta.

Museum Radya Pustaka tak ada dibawah naungan Dinas Purbakala ataupun Dinas Pariwisata Pemerintahan Daerah setempat tetapi berstatus yayasan. Museum itu dikelola serta diperkembang oleh satu yayasan bernama Yayasan Paheman Radya Pustaka Surakarta yang dibuat pada th. 1951. Lantas untuk pekerjaan proses keseharian dibuat presidium yang awal kalinya pada th. 1966 di ketahui oleh Go Tik Swan atau dikenal juga dengan nama K. R. T. Hardjonagoro.

Di depan gedung museum, beberapa pengunjung bakal menjumpai satu patung dada R. Ng. Rangga Warsita. Beliau adalah seseorang pujangga keraton Surakarta yang begitu termasyhur serta hidup pada era ke-19. Patung ini diresmikan oleh presiden Soekarno pada th. 1953. Di bagian depan serta belakang patung ini ada prasasti yang ditulis memakai aksara Jawa. Dibagian serambi museum ada banyak meriam beroda dari saat VOC yang datang dari era ke-17 serta ke-18. Diluar itu ada juga sebagian arca-arca Hindu-Buddha, salah satunya arca Rara Jonggrang, arca Boddhisatwa serta Siwa.

Harga Ticket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Museum Radya Pustaka mempunyai koleksi yang terbagi dalam beragam jenis arca, pusaka kebiasaan, wayang kulit, diluar itu museum ini dapat mempunyai perpustakaan yang menaruh buku-buku budaya serta pengetahuan histori, serta kesusastraan seni budaya baik dalam Bhs Jawa kuno ataupun Bhs Belanda. Koleksi buku kuno yang banyak di cari itu salah satunya tentang Wulang Reh karangan Pakubuwono IV yang berisi diantaranya tentang panduan pemerintahan serta Serat Rama karangan Pujangga Keraton Surakarta bernamaYasadipura I yang bercerita mengenai wiracarita Ramayana.

Dibagian dalam gedung juga ada satu patung kepala raksasa yang terbuat dari kayu serta adalah hasil karya Pakubuwono V. Patung ini adalah hiasan depan satu perahu yang digunakan untuk mengambil permaisuri Pakubuwono IV yang datang dari Madura. Hingga saat ini patung ini masihlah dikira keramat serta kerap di beri sesajian. Patung itu jumlah sesungguhnya yaitu dua : yang satu yang lain disimpan di Keraton Surakarta.

Harga Ticket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo

Harga Ticket Masuk serta Jam Buka Museum Radya Pustaka

Harga Ticket Masuk

Harga ticket masuk museum ini yaitu Rp 5. 000. - per orang

Jam Buka

Museum Radya Pustaka buka pada hari Selasa hingga Minggu jam 8. 30-14. 00 WIB

Spesial hari Jum'at : 08. 30 - 11. 30 WIB

Hari Senin : LIBUR

Alamat Museum Radya Pustaka

Jl. Brigjen Slamet Riyadi 275 Sriwedari, Laweyan,

Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57141

Telp : +62 271 712306

E-mail : info@radyapustaka. com

Sekianlah sedikit penjelasan tentang Harga Ticket Masuk Wisata Museum Radya Pustaka Solo yang bisa kami berikan, mudah-mudahan penjelasan itu bisa berguna untuk beberapa pembaca sekalian. Terimakasih serta hingga jumpa







Harga Ticket Murah, Himpunan Harga Ticket Termurah

http://www.hargatiketmurah.net/harga-tiket-masuk-wisata-museum-radya-pustaka-solo/