Tuesday, January 3, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Harga Ticket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang 
Harga Ticket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang - Lawang Sewu yaitu gedung gedung bersejarah di Indonesia yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Orang-orang setempat menyebutnya Lawang Sewu lantaran bangunan itu mempunyai pintu yang begitu banyak, walau sebenarnya, jumlah pintunya tak meraih seribu. Sebutan “Sewu” Jawa : Seribu, adalah penggambaran sedemikian banyak jumlah pintunya.

Histori Lawang Sewu Semarang

Bangunan Lawang Sewu di bangun pada 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). NIS adalah perusahaan kereta api swasta di saat pemerintahan Hindia belanda yang awal kali bangun jalur kereta api di Indonesia menghubungkan Semarang dengan “Vorstenlanden” (Surakarta serta Yogyakarta) dengan jalur pertamanya Jalur Semarang Tanggung 1867.

Awalannya aktivitas administrasi perkantoran dikerjakan di Stasiun Semarang Gudang (Samarang NIS), tetapi dengan mengembangnya jalur jaringan kereta yang begitu cepat, menyebabkan menambahnya personil tehnis serta tenaga administrasi yang banyak, mengakibatkan kantor NIS di stasiun Samarang telah tak akan mencukupi.

Beragam jalan keluar dikerjakan NIS diantaranya menyewa sebagian bangunan punya perorangan sebagai jalan keluar sesaat yang malah memberi tak efektif. Jadi, diusulkanlah alternatif lain yakni dengan bangun kantor administrasi di tempat baru. Pilihan jatuh ke tempat yang pada saat itu ada di tepi kota berdekatan dengan tempat tinggal Residen. Letaknya di ujung Bodjongweg Semarang (saat ini Jalan Pemuda). Dalam sistem pembuatan gedung baru ini NIS dibantu oleh Prof Jacob F Klinkhamer (TH Delft) serta BJ. Quendag, arsitek dari Amsterdam Belanda.

Harga Ticket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Proses pambangunan diawali 27 Februari 1904 serta usai 1907. Pada saat penjajahan Jepang, gedung ini pernah jadi tempat pertempuran pada pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) melawan Kempetai serta Kidobutai Jepang sepanjang 5 hari (14 Oktober -19 Oktober 1945) tragedy itu dikenal juga dengan Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Pemerintah Kota Semarang memasukan Lawang Sewu sebagai satu diantara 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang pantas dilindungi. Sekarang ini bangunan tua Lawang Sewu itu telah alami step konservasi serta revitalisasi yang dikerjakan oleh Unit Pelestarian benda serta bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.

Ditempat ini Kamu bisa lihat begitu banyak jendela memiliki ukuran lebar serta tinggi yang menempel pada bangunan. Semuanya susunan bangunan, pintu serta jendela mengadaptasi style arsitektur Belanda. Bangunan Lawang Sewu mempunyai tiga lantai yang mempunyai dua sayap membentang ke sisi kanan serta kiri sisi. Bila pengunjung memasukkan bangunan paling utama, mereka bakal temukan tangga besar untuk menuju ke lantai dua.

Harga Ticket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang

Hal menarik lain dari Lawang Sewu yaitu ada ruang bawah tanah yang ada di bawah gedung, manfaatnya yaitu untuk saluran air serta melindungi keadaan ruang diatasnya supaya tak panas. Pada saat penjajahan Jepang, ruangan bawah tanah Lawang Seu ini dipakai untuk penjara, baik untuk pejuang pribumi serta sebagian orang Belanda.

Penjara yang di ciptakan Jepang ini bernama penjara jongkok, penghuni penjara ini mesti berada didalam satu bak yang cuma mempunyai tinggi 0, 5 mtr. serta lalu di bagian atasnya ditutup dengan teralis besi. Dibagian bawahnya senantiasa tergenangi air. Tidak heran jika banyak pejuang yang mati di penjara ini. Dari peristiwa saat lantas seperti ini lah yang bikin Lawang Sewu mempunyai aura yang begitu angker.

Harga Ticket Masuk serta Jam Buka Lawang Sewu Semarang

Harga Ticket Masuk

Dewasa : Rp 10. 000

Anak-anak : Rp 5. 000

Pelajar : Rp 5. 000

Jam Buka

Jam buka lawang Sewu sendiri yaitu mulai dari jam 07. 00 - 21. 00.

Alamat Lawang Sewu Semarang

Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang

Jawa Tengah, Indonesia.

Sekianlah info tentang Harga Ticket Masuk Wisata Lawang Sewu Semarang yang bisa Admin berikan, mudah-mudahan bisa berguna untuk Kamu yang menginginkan bertandang ke Kota Semarang Jawa Tengah.







Harga Ticket Murah, Himpunan Harga Ticket Termurah

http://www.hargatiketmurah.net/harga-tiket-masuk-wisata-lawang-sewu-semarang/