Tuesday, January 3, 2017

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok 
Harga Ticket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok - Narmada yaitu satu kecamatan di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini populer dengan julukan kota " Air ". Hal semacam ini didasarkan pada fakta kalau Narmada memiliki banyak mata air. Kecamatan Narmada mempunyai tempat wisata yang cukup populer yang bernama Taman Narmada (di baca Narmade).

Taman Narmada di bangun pada th. 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman yang ada di tempat seluas 2 hektare ini dulu dipakai sebagai tempat upacara Pakelem yang diadakan tiap-tiap purnama ke lima th. Caka (Oktober-November). Terkecuali tempat upacara, Taman Narmada juga dipakai sebagai tempat peristirahatan keluarga raja ketika musim kemarau.

Nama Narmada di ambil dari Narmadanadi yang disebut anak Sungai Gangga yang begitu suci di India. Bagi umat Hindu, air adalah satu unsur suci yang berikan kehidupan pada semuanya makhluk didunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah (mata air) diasumsikan dengan tirta amerta (air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dulu peluang nama Narmada dipakai untuk menamai nama mata air, tetapi lama kelamaan dipakai untuk menyebutkan pura dan keseluruhnya kompleks Taman Narmada.

Kompleks Taman Narmada dibagi jadi bagian-bagian, yakni :

Gerbang paling utama : berupa gapura bentar dan ada di samping utara Taman Narmada.
Jabalkap : di dalamnya ada telaga kembar.
Gapura Gelang atau Paduraksa : adalah penghubung pada halaman jabalkap dengan halaman mukedes.
Halaman Mukedes : pada halaman mukedes ada banyak buah bangunan, diantaranya Sanggah Pura, Balai Pamerajan dan Balai Loji (satu diantara diantara bangunan tempat tinggal raja).
Halaman Pasarean : halaman paseran ini ada juga Balai Loji, Telaga Padmawangi, Pawedayan dan pawargan.
Balai Jelas : satu bangunan yang berperan sebagai tempat istirahat/tidur raja, berupa panggung yang semuanya terbuat dari kayu. Pintu dan jendela Balai Jelas ini bermotif bln. tunggal dan tumbuh-tumbuhan.
Pura Kelasa atau Pura Narmada : arsitekturnya mirip punden berundak, Pura ini termasuk pura jagat atau pura umum bagi semuanya penganut Hindu Dharma dan adalah satu diantara diantara delapan pura tua di Pulau Lombok. Pura Narmada terdapat diatas tebing berundak-undak, tengah dibawah lembah tebing ada kolam duyung dan telaga segara anak.
Halaman Patandaan : pada halaman ini ada dua bangunan sakapat yakni semacam wantilan atau panggung terbuka bertiang empat. Pada halaman berikut kerap diadakan beragam pertunjukan.
Halaman Bancingah : yang ketinggalan di halaman ini saat ini hanya tembok keliling halaman dengan dua gapura bentar.
Unsur-unsur bangunan yang lain sesungguhnya ada banyak, diantaranya pancuran sembilan (siwak) yang letaknya diatas Segara Anak. Bentuk bangunannya dorogancet dengan dua bagian terpisah mirip bangunan tradisional di Jawa Tengah. Bangunan ini termasuk juga bangunan sakral baik bagi penganut Hindu Dharma ataupun penganut Saat Tilu.

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok

Diluar itu, ada juga Balai Petirtaan yang sumber mata airnya datang dari Gunung Rinjani. Balai Petirtaan juga adalah tempat pertemuan tiga sumber air, yaitu Suranadi, Lingsar, dan Narmada. Karena mata airnya datang dari Gunung Rinjai dan tempat pertemuan tiga sumber mata air yang lain, maka air yang ada di Balai Petirtaan diakui bisa jadikan orang yang meminum dan membersihkan mukanya dengan air di situ akan awet muda.

Menurut peta th. 1899 taman di kompleks Taman Narmada salah satunya yaitu : Taman Bidadari, Taman Anyar, Taman Paresak, dan Taman Kelasa. Taman Anyar dan Taman Kelasa sekarang ini sudah jadi perkampungan masyarakat. Sedang Taman Paresak sekarang ini sudah jadi kebun buah-buahan dengan tanaman intinya adalah buah manggis.

Taman Narmada sudah alami sekian kali pemugaran yang berjalan dari saat ke saat. Banyak bagian yang sudah rusak terlebih tebing-tebing kolam, taman, pagar ataupun bangunan. Pada th. 1980 hingga 1988 rekonstruksi Taman Narmada bisa dikerjakan. Sesudah pemugaran, Taman Narmada jadikan sebagai kompleks bangunan cagar budaya oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harga Ticket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok

Harga Ticket Masuk dan Jam Buka Taman Narmada

Harga Ticket Masuk

Wisatawan domestik : Rp6. 000

Wisatawan mancanegara : Rp10. 000.

Jam Buka

Taman Narmada di buka untuk umum sehari-hari mulai jam 08. 00 hingga 17. 00.

Alamat Taman Narmada

Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat,

Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Tersebut tadi sedikit penjelasan tentang Harga Ticket Masuk Wisata Taman Narmada Lombok yang bisa kami berikan, mudah-mudahan penjelasan ini bisa berguna bagi Kamu.







Harga Ticket Murah, Himpunan Harga Ticket Termurah

http://www.hargatiketmurah.net/harga-tiket-masuk-wisata-taman-narmada-lombok/